2 keberatan atas putusan badan penyelesaian sengketa konsumen dengan mediasi

Artinya pada sidang pertama majelis hakim tetap mewajibkan pihak yang hadir untuk menempuh mediasi dengan memerintahkan pihak yang hadir untuk memilih mediator, dan setelah pihak yang hadir memilih mediator barulah majelis hakim menunda persidangan dengan alasan mediasi dan memanggil ulang pihak yang tidak hadir.

Salah satu pihak dapat menyatakan mundur dari proses mediasi jika pihak lawan menempuh mediasi dengan iktikad tidak baik. Mediasi adalah cara penyelesaian sengketa melalui proses perundingan untuk memperoleh kesepakatan para pihak dengan dibantu oleh mediator.

Kendala Kelembagaan. Mediasi adalah cara penyelesaian sengketa melalui proses perundingan untuk memperoleh kesepakatan para pihak dengan dibatu oleh mediator Pasal 1 ayat 7 Perma Mediasi.

Dalam hal dalam 2 hari kerja para pihak tidak berhasil untuk menentukan mediator maka pada pihak harus menyampaikan kepada ketua majelis hakim. Penyelesaian, melalui lembaga litigasi dianggap kurang efisien baik waktu, biaya, maupun tenaga,sehingga penyelesaian melalui lembaga non litigasi banyak dipilih oleh masyarakat dalam menyelesaikan sengketa dimaksud.

Penyelesaian, Sengketa Konsumen. Mediasi di Pengadilan. Pasal 2 ayat 3 Perma Mediasi. Kewenangan Mediator Mediator berkewajiban menyatakan mediasi telah gagal jika salah satu pihak atau para pihak atau kuasa hukumnya telah dua kali berturut-turut tidak menghadiri pertemuan mediasi sesuai jadwal pertemuan mediasi yang telah disepakati atau telah dua kali berturutturut tidak menghadiri pertemuan mediasi tanpa alasan setelah dipanggil secara patut.

Pasal 8 menjelaskan tentang hak para pihak dalam memilih mediator. Perma Mediasi Berdasarkan Pasal 23 Perma Mediasi, pihak yang bersengketa, dengan bantuan mediator besertifikat yang berhasil menyelesaikan sengketa di luar pengadilan dengan kesepakatan perdamaian dapat mengajukan kesepakatan perdamaian tersebut ke pengadilan yang berwenang untuk memperoleh akta perdamaian dengan cara mengajukan gugatan yang wajib dilampiri dengan kesepakatan perdamaian.

Gabungan antara mediator yang disebut dalam butir a dan d, atau gabungan butir b dan d, atau gabungan butir c dan d. Pasal 20 Perma No.

Berdasarkan prinsip demikian, putusan BPSK mestinya harus dipandang sebagai putusan yang mempunyai kekuatan hukum yang tetap inkracht van gewijsde. Kemudian hakim memberitahu mediator terpilih untuk melaksanakan tugas. Mediator mengupayakan perdamaian, apabila diperlukan dilakukan KAUKUS pertemuan mediator dengan salah satu pihak yang bersengketa tanpa dihadiri pihak lawannyahal ini dianjurkan karena mediator tidak mempunyai wewenang untuk mengambil keputusan, hanya memberikan saran, sehingga apabila terjadi kecurangan tidak akan berdampak apapun.

Jangka Waktu Penyerahan Berkas: Mediasi dinyatakan gagal apabila salah satu pihak atau kuasanya 2 dua kali berturut-turut tidak menghadiri proses mediasi sesuai dengan jadwal yang sudah disepakati atau telah 2 dua kali berturut-turut tidak hadir dalam proses mediasi tanpa alasan yang jelas.

Jika dalam pengadilan tersebut tidak ada hakim lain yang tidak memeriksa perkara tersebut dan tidak bersertifikat, maka majelis hakim yang memeriksa perkara dengan atau tanpa sertifikat yang ditunjuk oleh ketua majelis hakim wajib menjalankan fungsi mediator Pasal 11 Perma Mediasi.

Mediasi dinyatakan gagal apabila salah satu pihak atau kuasanya 2 dua kali berturut-turut tidak menghadiri proses mediasi sesuai dengan jadwal yang sudah disepakati atau telah 2 dua kali berturut-turut tidak hadir dalam proses mediasi tanpa alasan yang jelas.

Setelah menerima pemberitahuan para pihak tentang kegagalan memilih mediator, ketua majelis hakim segera menunjuk hakim bukan pemeriksa pokok perkara yang bersertifikat pada pengadilan yang sama untuk menjalankan fungsi mediator.Kecuali perkara yang diselesaikan melalui prosedur pengadilan niaga, pengadilan hubungan industrial, keberatan atas putusan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen, dan keberatan atas putusan Komisi Pengawas Persaingan Usaha, semua sengketa perdata yang diajukan ke Pengadilan Tingkat Pertama wajib lebih dahulu diupayakan penyelesaian melalui Author: Kausar Abidin.

PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN MELALUI BPSK

Sep 16,  · Kecuali perkara yang diselesaikan melalui prosedur pengadilan niaga, pengadilan hubungan industrial, keberatan atas putusan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen, dan keberatan atas putusan Komisi Pengawas Persaingan Usaha, semua sengketa perdata yang diajukan ke Pengadilan Tingkat Pertama wajib lebih dahulu diupayakan penyelesaian melalui perdamaian dengan.

Apr 11,  · Mediasi adalah proses penyelesaian sengketa konsumen di luar pengadilan dengan perantaraan BPSK sebagai penasihat dan penyelesaiannya diserahkan kepada para pihak. Dalam persidangan dengan cara mediasi, majelis dalam menyelesaikan sengketa dengan cara mediasi, mempunyai tugas: Memanggil konsumen dan pelaku usaha yang bersengketa.

Nov 22,  · Saya hendak bertanya perihal kompetensi Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen dalam konteks UU No. 8/ 1. Apakah untuk proses penyelesaian sengeketa di BPSK diperlukan persetujuan kedua belah pihak untuk memilih BPSK sebagai forum penyelesaian sengketa?

2. Apabila pelaku usaha menolak/keberatan untuk menyelesaikan sengketa melalui BPSK dengan dasar. Mediasi menurut Perma RI No.

2 Tahun tentang Prosedur Mediasi di Pengadilan, bahwa mediasi dilakukan dengan pertimbangan dan tujuan untuk (1) mengurangi masalah adanya penumpukan perkara di Pengadilan, (2) merupakan salah satu proses penyelesaian sengketa yang dianggap lebih murah, cepat dan biaya ringan, (3) memaksimalkan fungsi lembaga.

Ø Jenis perkara yang dimediasi: Semua perkara kecuali yang diselesaikan melalui prosedur pengadilan niaga, pengadilan hubungan industrial, keberatan atas putusan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen, dan keberatan atas putusan Komisi Pengawas Persaingan Usaha.

2 keberatan atas putusan badan penyelesaian sengketa konsumen dengan mediasi
Rated 5/5 based on 11 review