Askep obesitas dan kekurangan kalori protein pada anak

Tahap awal: Apa yang menyebabkan KKP? Severe Malnultrition, http: Berikan informasi tertulis untuk orangtua pasien 6. Gangguan psikologis. Ukur haluaran urine dengan akurat 3. Apa yang dimaksud dengan KKP? Pencegahan hendaknya meliputi faktor secara konsisten.

Rambut tipis. Tubuh akan mempertahankan diri jangan sampai memecah protein lagi seteah kira-kira kehilangan separuh dari tubuh. Penyedia makanan yang kurang baik c. Vinsensius bate A. Bila kekurangan sumber kalori dan protein terjadi bersama dalam waktu yang cukup lama maka anak dapat berlanjut ke dalam status marasmik kwashiorkor.

Mengendalikan penyakit-penyakit infeksi, khususnya diare, melalui: Perbaikan ekonomi Negara, peningkatan pendidikan umum dan pendidikan gizi, penerangan serta penyuluhan gizi, peningkatan produksi bahan makanan dan peningkatan upaya-upaya paska panen untuk menghindarkan penghamburan bahan makanan dan peningkatan hygne lingkungan atau perorangan, juga mengatur keluarga berencana merupakan faktor yang pengaruhnya signifikan terhadap prefensi KKP dalam masyarakat.

Anemia ringan atau pucat g. Bayi biasanya konstipasi, tetapi dapat muncul apa yang disebut diare tipe kelaparan, dengan buang air besar sering, tinja berisi mukus dan sedikit. Abdomen dapat kembung dan datar. Selain itu manifestasi marasmus adalah sebagai berikut: Etiologi Menurut Ngastiyah, faktor-faktor penyebab kurang energi protein dibagi menjadi dua, yaitu: Sering disertai: Bantu semua kebutuhan anak dengan melibatkan keluarga pasien 8.

Perhatikan khusus faktor resiko tinggi yang akan berpengaruh terhadap kelangsungan status gizi kemiskinan, ketidaktahuan penyakit infeksi 4. Hidayat, A. Pangku atau gendong anak saat mau makan dalam lingkungan yang tenang.

Salah satu masalah kesehatan di Indonesia adalah masalah KEP Kekurangan Energi Protein yang telah menjadi isu hangat dalam tiga dasawarsa terakhir. Kenyataannya, masih banyak ibu-ibu yang belum mengerti arti pentingnya gizi pada anak. Kurangnya pengetahuan berhubungan dengan tidak tahu memberikan intake nutrisi yang adekuat pada anak.

Klien mampu mentoleransi peningkatan aktivitas secara progresif dengan kriteria hasil: Resiko tinggi infeksi berhubungan dengan kerusakan pertahanan tubuh Tujuan: Susun perencanaan pulang: Abdomen dapat kembung dan datar. Namun demikian pada bulan Desember terjadi peningkatan kasus gizi buruk yang meninggal dunia sebanyak 54 kasus yang merupakan laporan dari 7 propinsi yaitu dari Jatim 14 kasus, Sulsel 13 kasus, Gorontalo 13 kasus, NTT 6 kasus, Lampung 4 kasus, Sulteng 2 kasus, serta Maluku dan Malut masing-masing 1 kasus.

Kemerahan seperti warna jagung, mudah di cabut tanpa rasa sakit,rontok 5. Orang yang mempunyai kelebihan sel lemak dianggap memiliki pengaturan lemak lebih tinggi oleh mekanisme otoregulasi umpan balik neurogenik untuk pengendalian jaringan adsiposa. Oleh karena itu telah disarankan bahwa kelebihan nutrisi pada anak terutama pada masa bayi dan sebagian kecil selama masa kanak-kanak yang lebih lanjut, dapat menyebabkan obesitas sepanjang hidup.

Salah satu faktor yang diduga menjadi pemicu terjadinya peningkatan jumlah kasus KEP ini adalah krisis keuangan global. Kwashiorkor terjadi karena adanya defisiensi protein pada anak karena kandungankarbohidrat makanan tersebut tinggi, tapi mutu dan kandungan proteinnya sangatrendah.

Di Indonesia hampir sepertiga anak sekolah menderita KKP yang disebabkan oleh kebiasaan makanan yang tidak cukup untuk mengandung kalori, protein, sehingga mengakibatkan terjadinya defisiensi protein dan kalori atau kekurangan kombinasi antara keduanya.Kurang energi protein (KEP) adalah keadaan patologis yang disebabkan kekurangan energi dan protein.

KEP disebut pula sebagai protein energy malnutrition (PEM), protein calorie malnutrition (PCM), dan kurang kalori protein (KKP). Salah satu jenis KEP berat adalah marasmus atau elbfrollein.com: Aangcoy Untuk itu penanganan obesitas melibatkan dokter anak, psikologi perkembangan psikiater anak, pekerja sosial, ahli gizi, dan perawat.

Keterlibatan keluarga adalah mutlak unutk keberhasilan terapi. Keterlibatan keluarga adalah mutlak unutk keberhasilan elbfrollein.com: ALBADAN.

askep kalori protein malnutrisi

Pada defesiensi protein murni tidak terjadi katabolisme jaringan yang sangat lebih, karena persediaan energi dapat dipenuhi oleh jumlah kalori dalam elbfrollein.coman yang mencolok adalah gangguan metabolik dan perubahan sel yang meyebabkan edem dan perlemakan hati.

Karena kekurangan protein dalam diet, akan terjadi kekurangan berbagai asam amino esensial dalam serum yang. Pada tahap ringan gejala dan tanda anak yang mengalami KEP terlihat dari bobot tubuh yang kurang dari bobot normal, yaitu berada pada garis kuning pada KMS (Kartu Menuju Kesehatan), selain itu terjadi gangguan pertumbuhan, dan kurang darah.

ASKEP ANAK DENGAN MARASMUS TEORI Marasmus adalah bentuk malnutrisi kalori protein yang terutama akibat kekurangan kalori yang berat dan kronis terutama terjadi selama tahun pertama kehidupan dan mengurusnya lemak bawah kulit dan otot. (Dorland) Marasmus adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh kekurangan kalori protein.

(Suriadi). Marasmus adalah malnutrisi berat pada.

Asuhan Keperawatan Anak Pada Penyakit Kurang Kalori Protein

BAB I PENDAHULUAN. Latar belakang; KKP adalah bentuk malnutrisi kalori protein yang terutama akibat kekurangan kalori yang berat dan kronis terutama terjadi selama tahun pertama kehidupan dan mengurusnya lemak bawah kulit dan otot.

Askep obesitas dan kekurangan kalori protein pada anak
Rated 0/5 based on 55 review