Peta konsep metabolisme

Lapisan atas stratum spinosum mengandung sel-sel baru.

Peta konsep Organ Manusia

Pada katabolisme, terjadi penguraian molekul kompleks menjadi lebih sederhana serta menghasilkan energi. Spesifik untuk reaksi tertentu. Paru-paru 3. Fotosintesis merupakan peristiwa anabolisme penyusunan karbohidrat, terutama dilakukan oleh tumbuhan hijau.

Tumbuhan melakukan respirasi pada bagian daunnya yang dikenal dengan stomata atau mulut daun. Asam piruvat sebagai hasil akhir metabolisme gliserol, dan asetil Ko-A bersama-sama akhirnya memasuki siklus asam trikarboksilat yang merupakan langkah terakhir dari metabolisme dalam tubuh.

Glikolisis Glikolisis adalah serangkaian reaksi enzimatis yang memecah glukosa terdiri dari 6 atom C menjadi asam piruvat terdiri dari 3 atom C.

Makhluk hidup menyimpan dan menggunakan energi dalam bentuk ATP. Kemudian urin dialirkan melalui saluran ginjal ureter dan ditampung dalam kantong kemih. Karena pemutusan rantai karbonnya terjadi pada karbon C kedua pada mata rantai asam lemak, maka reaksinya dinamakan beta oksidasi.

Hati Hati mengeluarkan empedu yang berupa cairan kehijauan, rasanya pahit, pHnya netral, dan mengandung kolesterol, garam-garam mineral, garam empedu, dan zat warna empedu yang disebut bilirubin dan biliverdin. Gambar 2. Pusat reaksi pada fotosistem I mengandung klorofil a, disebut sebagai P, karena dapat menyerap foton terbaik pada panjang gelombang nm.

Pada tumbuhan, proses ini terjadi pada proses fotosintesis. Reaksi gelap reaksi tidak tergantung cahaya Disebut juga siklus Calvin-Benson.

Metabolisme terjadi tidak dalam satu tahapan reaksi saja tetapi merupakan rangkaian beberapa reaksi yang saling berkesinambungan. Fermentasi menggunakan agen pengoksidasi yang berasal dalam sel dan jaringan dari organisme tersebut, dengan mentransfer elektron dari NADH ke piruvat atau turunan dari piruvat.

Pengeluaran air dari dalam tubuh banyak dikeluarkan melalui urin sehingga kita sering buang air kecil. Ginjal berfungsi untuk menyaring darah, mengeluarkan sisa metabolisme, membuang zat-zat yang berbahaya bagi tubuh, dan mengatur keseimbangan air dan garam di dalam darah.

Beberapa macam proses anabolisme yang terjadi pada mahluk hidup diantaranya: Dalam proses metabolisme, dihasilkan zat-zat sisa yang tidak diperlukan oleh tubuh. Jika tidak dikeluarkan, zat-zat tersebut akan menjadi racun. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Cairan tubuh keluar dari pembuluh arteri dan masuk ke dalam badan malpighi. Di dalam kulit jangat terdapat pembuluh darah, kelenjar keringat glandula sudoriferakelenjar minyak glandula sebasseadan kantung rambut. Bakteri Sulfur yang tidak berwarna memperoleh energi dari proses oksidasi senyawa H2S.

Tempat untuk membuat vitamin A dari provitamin A. Hemin diurai menjadi bilirubin dan biliverdin. Respirasi pada tumbuhan, tidak bisa diamati seperti pada manusia. Respirasi aerobik menghasilkan sebanyak 38 total ATP. Kompetensi Inti 1.

Proses ini meliputi: Sebaliknya, pada waktu udara panas, badan kita banyak mengeluarkan keringat dan jarang buang air kecil.Peta konsep adalah bertujuan untuk memudahkan pendidik ataw peserta didik untuk memudahkan memahami, materi pelajaran yang di pelajari nya, seperti peta konsep ini yang akan membahas tentang sistem organ tubuh manusia.

Peta Konsep - maretbio01cs.weebly.com

PETA KONSEP METABOLISME: Anabolisme/asi Metabolisme protein lemak Anaerob Fermentasi milasi/sintesis (penyusunan senyawa kompleks darisenyawa sederhana). Bab 3 Materi Genetik 41 Bab 3 Materi Genetik Peta Konsep Fungsi gen dan alel Pengertian gen dan alel Materi genetik Gen dan alel RNA DNA DNA dan RNA Jumlah kromosom.

peta konsep biologi

metabolisme pada organisme mempelajari bab ini, mari ikuti uraiannya. Pengertian Metabolisme A Makhluk multiseluler, baik manusia, hewan, maupun tumbuhan tersusun atas jutaan sel. Tiap sel memiliki fungsi tertentu untuk kelangsungan hidup suatu organisme. Untuk menjalankan fungsinya, sel melakukan proses metabolisme.

bab i.

peta konsep sel. 1 bab ii. peta konsep jaringan. 2 bab iii. peta konsep sistem pencernaan. 3 bab iv. peta konsep sistem respirasi. Peta Konsep Sistem Ekskresi Proses metabolisme tubuh meiputi proses menghasilakan energi dan zat yang berguna bagi tubuh. Dalam proses metabolisme.

Peta konsep metabolisme
Rated 5/5 based on 36 review